Jumat, 31 Januari 2020

Sat Binmas Polresta Pontianak Kota Melaksanakan Penling di Wilkum Polresta Pontianak Kota


Pontianak-Kalbar, Satuan Binmas 
Polresta Pontianak Kota melaksanakan Blue Patrol dan Penerangan Keliling (Penling) di Jalan Gajah Mada, Kamis (30/1/2020) malam.

Kegiatan penling merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Satuan Binmas Polresta Pontianak Kota untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga, dengan mengendarai mobil Penyuluhan Binmas personel Sat Binmas Polresta Pontianak Kota menyusuri Kota Pontianak menyampaikan himbaun melalui pengeras suara.

Kegiatan Blue Patrol dan penling dipimpin oleh Panit Polmas Aiptu Sadiman, Dalam kesempatan tersebut Aiptu Sadiman bersama anggota Binmas menyampaikan himbauan tentang antisipasi curanmor dan jambret. masyarakat juga dihimbau agar mengecek, mengunci pintu dan jendela sebelum sebelum tidur. 

Sat Binmas Melaksanakan Pembinaan Satpam

Pontianak - Ada yang berebeda di Gor Pangsuma Pagi ini, tampak Sat Binmas Polresta Pontianak Kota sedang memberikan pembekalan dan latihan  Pra Diksar Satpam Dinas Sosial, Kamis (30/1).

latihan ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kota Pontianak bekerja sama dengan Polresta Pontianak Kota, dan di ikuti oleh 50 peserta yang akan menjalani Pendidikan dasar satpam.

Panit Bimtibmas Aiptu Sadiman Polresta Pontianak Kota mengungkapkan tujuan dari dilaksanakannya latihan,  "latihan ini kita selenggarakan dengan tujuan para peserta pelatihan mengerti dasar-dasar tugas Satpam, bagaimana cara bertindak, dan peraturan baris berbaris" ungkapnya.

"selain diajarkan pengetahuan dasar satpam, mereka juga kita ajarkan public speaking, dimana mereka di tuntut untuk memilili kemampuan berkomunikasi yang baik," ujarnya.

salah seorang peserta sangat terbantu dengan adanya pembekalan dan latihan "kami jadi mengerti dasar dari pengetahuan mengenai pendidikan Satpam  jadi pada saat di pendidikan nanti kami sudah membekali beberapa ilmu dasar salah satunya peraturan baris berbaris," ungkap salah seorang peserta.

"kami  diajarakan cara baris berbaris yang benar, cara bertindak, dan cara berkomunikasi dengan baik," tambahnya.

kegiatan pembekalan dan latihan Pra Diksar Satpam ini akan berlangsung selama tiga hari.

Kamis, 30 Januari 2020

Acara Pengantar Tugas Kasat Intelkam Polresta Pontianak Kota

Pontianak-Kalbar, Polresta Pontianak Kota menggelar acara pengantar tugas Kasat Intelkam Polresta Pontianak dari Kompol Hudaallah,S.H., kepada AKP Wiwin Syamsul Arifin, S.I.K., di aula Mapolresta Pontianak Kota, kamis (30/1/2020)


Pejabat yang baru Kasat Intelkam Polresta Pontianak Kota AKP Wiwin Syamsul Arifin, S.I.K. yang sebelumnya menjabat Wakasat Intelkam Polresta Pontianak Kota, sedangkan pejabat yang lama Kompol Hudaallah,S.H., mendapatkan promosi jabatan baru sebagai PS.Kabaganalisis Ditintelkam Polda Kalbar.

Dalam kesempatan itu Kompol Hudaallah, S.H., menyampaikan kesan dan pesan serta ucapan terimakasih atas kerjasama dan permohonanan maaf kepada Kapolresta Pontianak Kota beserta  anggota selama beliau bertugas di Polresta Pontianak Kota Kurang Lebih 4 tahun 2 bulan, dilanjutkan perkenalan Kasat Intelkam Polresta Pontianak Kota AKP Wiwin Syamsul Arifin, S.I.K.
Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin, S.I.K.,M.M., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pejabat lama dimana masa jabatan sekitar 4 tahun 2 bulan akan tetapi bisa menghandel wilayah Kota Pontianak yang memiliki permasalahan dan mobilitas yang tinggi” ujarnya.


“ Terima kasih kepada Kompol Hudaallah, S.H dan Ibu atas kerja sama selama ini, untuk Kasat Intel yang baru silahkan diatur kegiatan-kegiatan di Satuan Intelkam Polresta Pontianak Kota, pimpinan memberikan kepercayaan mandat tugas serta tanggung jawab kepada saudara yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya” ujarnya.


Mengakhiri sambutannya Kapolresta berpesan “ Selamat bertugas kepada kepada Kompol Hudaallah, S.H., dan Kasat Intelkam AKP Wiwin Syamsul Arifin, S.I.K.,  Banggalah dimanapun kita bertugas” pungkasnya.

Sertijab Kasat Intelkam di Halaman Mapolresta Pontianak Kota

PONTIANAK-KALBAR, Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin, S.I.K., M.M., pimpin Upacara serah terima jabatan Kasat Intelkam Polresta Pontianak Kota di halaman Mapolresta Pontianak Kota, kamis (30/1/2020)
Serah terima jabatan Kasat Intelkam Polresta Pontianak dari Kompol Hudaallah,S.H., kepada AKP Wiwin Syamsul Arifin, S.I.K. yang sebelumnya menjabatat Wakasat Intelkam Polresta Pontianak Kota. Kompol Hudaallah,S.H., mendapatkan promosi jabatan baru sebagai PS.Kabaganalisis Ditintelkam Polda Kalbar.

Dalam amanatanya Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin,S.I.K.M.M., menyampaikan serah terima jabatan di lingkungan POLRI merupakan proses yang sudah biasa dan tentunya terencana serta terukur” ujarnya,

“Dengan tujuan untuk menjamin dinamika manajemen organisasi dan sekaligus dalam rangka promosi jabatan bagi yang bersangkutan guna meniti karir di lingkungan Polri, sehingga diharapkan dapat memperoleh kemantapan, pengalaman jabatan yang beragam dan selanjutnya mampu menyonsong tantangan tugas Polri di masa mendatang, dimana trend perkembangan situasi kamtibmas yang semakin meningkat” ujarnya.
Mengakhiri amanatnya Kapolresta Pontianak Kota mengucapkan terimakasih kepada pejabat yang lama atas pengabdian dan karya – karyanya untuk kemajuan Polresta Pontianak Kota  selama bertugas di Polresta Pontianak Kota dan selamat bertugas kepada pejabat yang baru.

Upacara serah terima jabatan juga dihadiri oleh para pejabat Utama Polresta Pontianak Kota, Ketua Bhayangkari Cabang Polresta Pontianak Kota beserta pengurus Bhayangkari, Para Kapolsek serta seluruh anggota Polresta Pontianak Kota dan perwakilan anggota Polsek Jajaran Polresta Pontianak Kota.

Kamis, 09 Januari 2020

SAT BINMAS MELAKSANAKAN APEL FUNGSI DI HALAMAN APEL MAPOLRESTA PONTIANAK KOTA



Pontianak _Rabu ( 8/1/2020). Polresta Pontianak Kota menggelar Apel Pagi di masing-masing Bagian Satuan dan Fungsi, . Kegiatan apel ini dilaksanakan dihalaman Apel Polresta Pontianak Kota, dipimpin oleh Kasat Binmas, Kompol Sri Harjanto, SH. Apel Fungsi dilaksanakan rutin setiap hari Kamis. diikuti oleh seluruh anggota Mapolresta Pontianak Kota.
Kasat Binmas menyampaikan atensi dari Pimpinan yaitu tentang persiapan HUT "Satpam ke 39 yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2020 di Alun Kapuas. Kegiatan ini akan mengundang Tokoh masyarakat, pelajar, ketua BUJP serta anggota Satpa dan Damkar. " akan ditampilkan Atraksi Drum Band dari Adik - adik Pelajar SMA Bhayangkari, Peragaan Driil Borgol Tongkat dsb. Kata Kasat Binmas. Untuk itu semua nggota Sat Binmas segera mempersiapkan administrasi, undangan, dan berkoordinasi dengan dinas terkait agar kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan pimpinan, ujar Kasat Binmas.

Kasat Binmas menjelaskan bahwa kegiatan apel fungsi bertujuan agar para anggota menerima arahan langsung dari penanggung jawab fungsi masing-masing tentang pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan. Disamping itu juga mengevaluasi tugas-tugas yang telah dilaksanakan sekaligus sarana kedekatan langsung antara pimpinan dengan bawahannya untuk bertukar pikiran, Ujar Kompol Sri Harjato, SH. “Anev kegiatan yang telah dilaksanakan maupun rencana kegiatan masing-masing fungsi bisa disampaikan langsung kepada anggota dalam apel tersebut,” tutur Akbp Boy saat dikonfirmasi.
Kasi Propam Polresta Pontianak Kota, Iptu Sunarto mengatakan "setiap hari anggota Mapolresta Pontianak Kota akan di Absen per Satker dan dilaporkan kepada Pimpinan. jika berhalangan hadir segera memberitahukan kepada Kasat ataupun rekan kerja masing - masing", Pungkasnya. 
( Binmas )


PENANAMAN POHON DI MAPOLSEK PONTIANAK BARAT




Binmas_Pontianak, Dalam rangka Program Polri Peduli Penghijauan, Polresta Pontianak Kota melakukan penanaman pohon dilingkungan Markas kepolisian dan lingkungan Asrama Polri.Bertempat di Polsek Pontianak Barat dan Lingkungan Asrama Polri ini dipimpin langsung Oleh Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Imam Sugianto. Rabu (8/1/2020).


Selain Pejabat kepolisian,hadir dalam acara tersebut Walikota Pontianak Ir.H. Edy Rusdi Kamtono,Dandim 1207/BS dan sejumlah tamu undangan lainnya. Dalam sambutan tertulisnya Kapolda Kalbar yang dibacakan oleh Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Imam Sugianto mengatakan, “Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini merupakan instruksi langsung dari bapak Kapolri dengan tujuan sebagai upaya Polri dalam mencegah dan ikut berpartisipasi untuk mencegah bencana alam.


Salah satu tujuannya adalah mencegah banjir, mencegah tanah longsor serta mengurangi polusi udara sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya. Gerakan Polri peduli penghijauan merupakan salah satu aksi konkrit dan upaya nyata yang dilakukan secara serentak dan berkesinambungan di seluruh Indonesia untuk memulihkan kondisi alam yang tandus dan kering sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan merawatnya.


Saya mengucapkan terimakasih kepada Kapolresta Pontianak Kota dan jajarannya yang telah berpartisipasi mendukung kegiatan dan menjadi pelaksana dalam kegiatan ini sehingga berlangsung lancar dan sukses.


Diketahui jumlah pohon yang ditanam hari ini sebanyak 1600 batang pohon berbagai jenis,Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin S.I.K, M.M menuturkan,”Kegiatan hari ini selain untuk penghijauan dilingkungan Markas Polri dan asrama Polri,kedepannya kita rencanakan untuk melakukan penghijauan di lingkungan masyarakat atau tempat tempat yang harus kita hijaukan kembali,agar kita semua nantinya dapat merasakan manfaat menanam pohon dilingkungan kita masing masing,Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon di pekarangan rumah kita masing,agar sirkulasi udara disekitar rumah kita akan menjadi lebih segar.” Tuturnya.”

Senin, 06 Januari 2020

KEGIATAN BAKTI SOSIAL DALAM RANGKA PERSIAPAN HUT SATPAM KE-39 2019 POLRESTA PONTIANAK KOTA

Dalam menyambut HUT Satpam ke 39 tahun 2019 Satpam Polresta Pontianak Kota dan ABUJAPI ( Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia )   mengadakan Bakti Sosial (Baksos) Seminar, bersih Masjid,Pasar,pembagian bunga simpatik di jalan jalan  dan donor darah dll. ( 05/01/20)
Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kami memeriahkan dalam menyambut HUT Satpam yang ke-39 tahun ini. “Para Satpam kami ajak bergotong royong, bahu-membahu ,  agar dapat memupuk tali silaturahmi yang baik dengan masyarakat sekitar, juga dapat mempererat kekompakan antar sesama seprofesi Satpam”.
Dari membersihkan mesjid  wah datul ummah di  yang terletak di komlek asrama haji kelurahan paretokaya Pontianak kota, didatangi para Satpam untuk melaksanakan bersih-bersih mesjid. Para Satpam ini sangat antusias bergotong royong membersihkan seluruh area mesjid baik didalam mesjid hingga pekarangan. Dari karpet, kaca dan seluruh bagian mesjid dibuat bersih hingga mengkilap dan tidak ada satupun sampah terlihat dipekarangan. Tidak hanya membersihkan tetapi juga merapihkan seluruh area sholat.
Usai membersihkan mesjid, mereka juga melaksanak donor darah
“Sangat bangga dengan semangat dan kekompakkan Satpam sangat antosias karena bisa berbagi kepada sesama yang membutuhkan darah,  Satpam harus memiliki rasa gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat hal ini merupakan salah satu budaya negara kita Indonesia dan saling berbagi.


editor : Aiptu Sadiman Binmas Polresta Pontianak Kota

Jumat, 03 Januari 2020

ANGGOTA SAT BINMAS MELAKSANAKAN SAMBANG DAN PATROLI DI PASAR PASAR DAN PEMUKIMAN WARGA

   Unit Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Kepolisian Resor Pontianak Kota gencar menggelar Agenda rutin Sambang Desa dan penyuluhan terhadap masarakat yang ada di pasar pasar di pontianak juru parkir dan lain- lain sebagai bentuk Silaturahmi langsung dengan masyarakat.
Kamis (02/04/2020) kegiatan Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Bintibmas) di gelar di titik salah satunya di pasar kapuas dan pasar tenggah. Dengan menyambangi langsung ke  warga, kemudian terakhir 2 (dua) anggota Sat Binmas  menyambangi jukir kegiatan sambang ini disambut baik para pengujung pasar dan petugas jukir dan warga ,mereka menyampaikan ucapan terima kasih nya berkaitan dengan tetap terjaganya keamanan dan ketertiban di wilayahnya serta diharapkan kepada warga khususnya di pasar kapuas dan pasar tengah serta mengajak warga untuk bisa menjaga diri dan tidak mudah terprovokasi terhadap  ajakan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan melanggar hukum serta selalu mengutamakan keselamatan dalam menjalankan aktivitas di pasar serta jangan membawa barang-barang berharga  bawaanya di simpan di jog motor.
Kepada para warga  diharapkan untuk ikut berperan aktif menjaga kamtibmas diwilayahnya dan melaporkan setiap perkembangan situasi kamtibmas sekecil apapun kepada Kepolisian secara berjenjang, Kiranya keamanan dan ketertiban yang terjaga selama ini hendaknya bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan, sehingga diwilayah tetap aman dan kondusif,”
Annggota Sat Binmas mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan diadakannya kegiatan sSambang rutin ini  adalah selain sebagai sarana komunikasi langsung dengan masyarakat serta diharapkan kehadiran Polri semakin dirasakan oleh masyarakat hingga terjalin sinergitas dan solidaritas dalam menjaga Kamtibmas di Wilayah Polresta Pontianak Kota.

editor: Aiptu sadiman Satbinmas Polreta Pontianak Kota


Kamis, 02 Januari 2020

 Dalam upaya meningkatkan kinerja,SAT BINMAS POLRESTA PIONTIANAK KOTA ,melaksanakan anev mingguan untuk mengevaluasi pelaksanaan kerja anggota minggu dan renja 2020, bertempat di ruangan  Sat Binmas kamis (02/01/2020).
Kegaiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Kompol Sriharjanto,SH yang diikuti oleh para Kanit dan seluruh anggota Sat Binmas Polresta Pontianak Kota.
Kasat dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar setiap  Anggota Binmas bertangung jawab terhadap giat fungsi yang di emban masing per Unit , dan kedisiplinan serta kehadiran saat apel pagi bentuk dari pengecekan  kesiapsiagaan dalam memulai giat Sat Binmas Polresta Pontianak Kota.


Problem Solving Bhabinkamtibmas Sungai Jawi Dalam

Bhabinkamtibmas bersama Pol PP dan Babinsa merazia permainan kelayang di wilayah Pontianak Barat menindaklanjuti aduan masyarakat dari fenom...