Jumat, 15 November 2019

PEMBENTUKAN POLMAS PELAJAR DI SMK CITRA BORNEO SEI AMBAWANG DAN SMA ADI WACANA JL AYANI

Dalam pelaksanaannya, konsep Polmas pelajar menggunakan sejumlah prinsip seperti komunikasi intensif, kesetaraan dan kemitraan, transparansi dan akuntabilitas, partisipasi, menggunakan pendekatan personal/pribadi ketimbang formal atau birokratis, serta sikap proaktif dan lain-lain.
Program Polmas Pelajar dapat dinyatakan berhasil melalui beberapa indikator.


Indikator dari aspek pengemban Polmas Pelajar diantaranya:
1. kesadaran bahwa pelajar sebagai pemangku kepentingan yang harus dilayani
2. meningkatnya rasa tanggung jawab tugas tugas dari sekolah
3. meningkatnya semangat melayani dan melindungi siswa siswi sebagai kewajiban polmas
4. meningkatnya kesiapan dan kesediaan menerima keluhan/pengaduan teman/siswa
5. meningkatnya kecepatan merespons pengaduan/keluhan/laporan siswa siswi
6. meningkatnya kecepatan mendatangi TKP (bila di perlukan)
7. meningkatnya kesiapan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh siswa siswi
8. meningkatnya kemampuan menyelesaikan masalah, konflik/pertikaian siswa siswi
9. meningkatnya intensitas kunjungan petugas terhadap yang di angap perlu kehadiran petugas
    polmas.

Sedangkan indikator dari aspek masyarakat, dinilai dari:

1. Pengemban Polmas Pelajar  mudah dihubungi oleh sekolah (siswa siswi)
2. pos/loket pengaduan/laporan mudah ditemukan di wilayah sekolah
3. mekanisme pengaduan mudah, cepat dan tidak berbelit-belit;
4. respon/jawaban atas pengaduan cepat/segera diperoleh siswa siswi;
5. meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri sebagai pembina Polmas
6. meningkatnya kemampuan FKPS ( Forum Komunikasi Polmas dan Siswa lainya) dalam
   menemukan, mengidentifikasi akar masalah, dan penye                                                                        7. meningkatnya kemandirian siswa dalam mengatasi permasalahan di lingkungannya;
8. berkurangnya ketergantungan Siswa terhadap Guru; dan
9. meningkatnya dukungan Siswa dalam memberikan informasi dan pemikiran.untuk kemajuan dan
    keberhasilan proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar